Membersihkan Kotoran Hati

Kotoran hati itu bermacam-macam. Contohnya ada iri hati, dendam, benci, marah, rakus, sombong dan sebagainya. Katanya sih, kalau hati kita kotor bisa menghambat jalan kita dalam berkomunikasi sama sang pencipta. Misalnya, kita minta untuk diberikan pekerjaan. Allah susah mendengar doa kita karena hati kita tidak suci, kotor.

Tidak lah sehat juga jika dibiarkan yang kotor-kotor terus berada dalam diri kita. Apalagi dalam hati, yang mana hati itu menentukan baik tidaknya seseorang. Jika hatinya kotor, bisa dibilang dia bukan orang baik. Akan tetapi kalo hati kita bersih, pasti orang akan tau bahwa kita orang baik.

Menjaga hati itu susah tapi pasti bisa. Apalagi menjaga hati agar tetap sehat dan bersih. Namun kalo sudah terlanjur kotor, bagaimana membersihkannya? Apa kita mau rizki kita terhambat hanya gara2 kita benci sama seseorang. Apa mau hidup kita tidak mendapat Ridho Allah karena kita menyimpan dendam kepada seseorang. Mau yang kek gitu?

Mudah tidaknya kita dalam membersihkan hati adalah tergantung benih niat. Kalo benih sudah ada, tinggal bagaimana kita menghidup-hidupi agar tetap hidup di dalam hati kita. Kita ingin membersihkan hati, kita ingin menjadi manusia yang tidak berpenyakit hati. Maka terus sirami benih niat itu agar tidak hanya disebut niat, tapi juga usaha. Usaha tidak kenal lelah membersihkan hal-hal kotor dalam hati kita. Ehm atau kita sebut saja anti virus hati. Ya, kita harus memasang antivirus untuk hati kita.

Hati yang bersih, hati yang sehat. Siapa tidak mau? Karena dengan begini apa yang Allah berikan untuk kita, apa yang sudah Allah takdirkan untuk kita. Kita pasti slalu bisa menerimanya dengan lapang dada. Dan yang terpenting dari semuanya adalah hati bersih membawa KETENANGAN dan KETENTRAMAN.

2 comments:

  1. Membersihkan hati juga bisa membuat kita lebih semangat dan positif thingking yun :)

    ReplyDelete